eM-Saying

Akhirnya, bisa balik lagi setelah sekian abad bertapa di rumah^Silakan comment ya, ntar dibales kok

Selasa, November 25, 2008

Sebuah Nama Sebuah Cerita

Apalah arti sebuah nama.
Ya, tentunya kita pernah mendengar kalimat tersebut, baik hanya sepintas atau dalam suatu pembicaraan serius. Sebuah pernyataan yang nampaknya sangat kontra dengan keberadaan sebuah nama. Jika memang demikian, apakah nama itu tak pernah lebih dari suatu inisial ?
Saya pribadi tidak setuju dengan pernyataan tersebut. Bayangin aja, saya yang ditakdirkan lahir sebagai seorang laki-laki, di mana pada saat pemberian nama udah menghabiskan dua ekor kambing, mana mungkin menerima ‘apalah arti sebuah nama’ tersebut ? Tidak setuju, sangat tidak setuju.
Anonim, tak bernama, keberadaan yang tak pernah ada, sekilas sepertinya itu merupakan hal yang mengagumkan. Tapi tak mungkin sebuah nama tercipta tanpa makna di dunia ini. Semuanya memiliki rahasia, semuanya memiliki cerita, semuanya memiliki kenangan yang mungkin tak pernah sempurna.
Sebagai contoh adalah Muhammad Noor (nama saya sendiri_^), yang berarti cahaya sang nabi. Itu baru arti secara harfiah bahasa Arab, belum lagi arti tersembunyi dari nama saya tersebut yang didapat dari PR mas Erik buat saya yang ada di sini. Dari pe er itu saya menjadi semakin sadar terhadap dalamnya makna suatu nama. Saya bangga dengan nama saya (yang ternyata masuk kategori A), dan Anda juga mesti bangga dengan nama yang ditakdirkan untuk menjadi bagian dari hidup Anda.
Url dan title blog ini juga memiliki maknanya tersendiri. Http://imrex2.blogspot.com. Imrex2 itu sebenarnya adalah penjelmaan dari ‘I am rex’, di mana artinya adalah aku seorang raja. Angka 2 yang ikutan nangkring di situ adalah inisial dari plural. Rainturb, rain = hujan (English) dan turb = tanah (Arabic), yang penggabungannya saya maksud dengan badai pasir. Ya, badai pasir yang gelisah akan kehadiran tetes-tetes bening menyejukkan yang ditakdirkan untuk mendamaikannya.
Memang, ini semua tentang nama, hanya tentang nama. Karena dalam sebuah nama, terdapat sebuah cerita.

40 komentar:

  1. Benar, sebuah nama biasanya mengandung makna tertentu dan mengandung harapan, serta do'a.

    Karena itu sebaiknya kita memberi nama kepada anak kita dengan nama yg mempunyai makna dan harapan yang baik

    BalasHapus
  2. kl masmoemet artine apa ya ?

    BalasHapus
  3. nama merupakan sebuah symbolistas pada diri makhluk yang dilahirkan didunia ini...nama merupkan ciri dari kekuatan insting dan bathin seorang manusia yang menempatkan gelar berupa nama itu terhadap diri kita.
    hayyah kepanjangan.

    BalasHapus
  4. Nama adalah identitas...bayangkan jika setiap hari orang memanggil kita dengan sebutan eh...hey...woi..

    BalasHapus
  5. betul..stuju bgd..
    dan saia suka sekali atas nama yang diberikan Ayah saia :)

    BalasHapus
  6. sebuah nama sebuah doa
    hehe..bener g? :D

    BalasHapus
  7. kalau blog sy, ryandi.com , ryan utk nama pertama dan "di" utk wahyudi :D

    BalasHapus
  8. kalo blog saya juragan medis, dg harapan bener2 jadi juragan didunia medis..

    BalasHapus
  9. wuih,kalo nama saya berarti pemberian Tuhan yang paling indah,hehehe...o iya,sudah saya link back ya..thx

    BalasHapus
  10. Orang tua memberi nama kita dengan nama yang baik, pastilah ada maksudnya.

    BalasHapus
  11. nice :)
    kamu pinter milih nama deh

    tapi bagi seseorang yang anonim apalah arti sebuah nama

    beda2

    BalasHapus
  12. wew....

    nama memang sungguh berarti....

    kayak album piterpen neh judulnya

    BalasHapus
  13. setuju saya. nama itu penting, sebuah brand dan penghargaan.

    BalasHapus
  14. Wow.. bagus bagus... memang jangan meremehkan sebuah nama.. karena mungkin ada cerita hebat dibaliknya.. tapi kalo pepatah 'apalah arti sebuah nama' maksudnya adalah bahwa yang terpenting adalah apa yang ada dibalik nama tersebut bukan namanya sendiri.. karena kadang nama bagus tapi yang seseorang atau sesuatu yang menyandangnya bobrok sama juha bohong :)

    BalasHapus
  15. hmmm...
    namaku agung prasetya hardika jaya.
    agung hardika jaya nama pemberian ortu. prasetya nama pemberian nenek.
    agung hardika jaya artinya kira2 keagungan hari dirgahayu kemerdekaan dan semoga tetap jaya, karna aku lahir 17 agustus 1987.
    prasetya artinya kira2 walaupun telah memberikan nyawa dan raga tetap saja dirasa kurang setia, karena kesetiaan tidak dapat diukur dengan apapun.

    aku sudah pasang link blog ini di blog aku. link balik ya...

    salam kenal ya.
    AGUNG PRASETYA HARDIKA JAYA

    BalasHapus
  16. oya klo mau tau arti blog ku.
    baca aja di sini.

    BalasHapus
  17. hehehe....penggemar ariel kan ya?sampai nulis judul albumnya di blog

    BalasHapus
  18. bagi saya apalah arti sebuah nama...

    yang terpenting kita hidup bisa saling berbagi satu dengan lainnya... :D

    BalasHapus
  19. Salam Kenal.., /me spydeeyk.., he2.., unique juga yah.. imrex2.. :D

    BalasHapus
  20. setuju om.nama itu jangan disalah artikan. hmm bagus yap namanya om.btw, salam kenal yap om.

    BalasHapus
  21. jadi arti nama saya apa ya??

    BalasHapus
  22. wealadalalah itu tho arti imrex dan rainturb. tak kirain imrex tu ngambil dari sebuah iklan di tivi cuman ditambahin 'm' saja biar beda.

    BalasHapus
  23. wew nick sayah yang nyagkut kok cuma 'a' thok ya

    BalasHapus
  24. nama memang saat berarti yah..

    BalasHapus
  25. ya tiap nama membawa makna dan cerita tertentu
    ke dalam hidup seseorang
    thanks ya udah mampir ke tempatku

    BalasHapus
  26. gw juga mo cari arti nama gw ahhhh...

    beritman artinya apa ya???

    mungkinkah "Be rich Man"???

    BalasHapus
  27. kok kayak peterpan ya ? ( sebuah nama sebuah cerita )

    BalasHapus
  28. kalo soewoeng=kosong

    berarti diriku ngak berotak karena soewoeng?

    BalasHapus
  29. ass. mampir... makasih kunjungan n komennya. Nama? ya berartilah menurut sayah. kalo saya anonim, ntar orang2 pada manggil saya ano, noni, or nim? mendingan nama sayah lahhh... hihihihi

    BalasHapus
  30. Itulah makanya gua nyesel banget ngasih nama blog gua keongracun.com ( tapi nasi udah jadi bubur ga pa pa lah,yang penting buburnya enak )

    BalasHapus
  31. @kaka:lah blogku cebong ipiet


    you knwo what, kita punya sisi unique masing masing hohohoho

    BalasHapus
  32. Erik : bersyukurlah kita yang mendapatkan nama baik
    Masmoemoet : nah, nggak tau deh mas_^
    Enhal : mantep komennya
    Mas koko : wah, bias kacau dunia kalau begitu caranya
    Namada : and cause that, penting buat kita untuk bersyukur
    Sarah : bener banget tuh
    Ryan : hoho, domain [dot] com ya
    Pakdejack : amin,,,,
    Ivana : yupz, ure welcome
    Edi : itu pasti
    Apalah arti sebuah nama : hmm, anonym yang mengerikan
    Rayearth : amat sangat berarti
    Boyin : juga sebuah kebanggaan
    Bagus : bagus…._^
    Eljaholic : nama itulah yang menjadi batasan kita untuk melakukan sesuatu
    Aiwy : nama yang panjang ya, mmm, oke dedh_*
    L : and ini kayaknya penggemar death note ya
    Adam : ya, saya nggak bias bilang ini keliru, tapi nama memang punya dua sisi yang berbeda
    Spydeeyk : sama uniknya
    Ipanks : wadouh, jangan pake om lagi, baru juga 17
    Myryani : semakin susah nama itu, menurut saya semakin dalam maknanya
    A : hehehe, yang ini kok Cuma ‘a’ doank
    aR_Eros : eh?? Sama ya orangnya_^
    Cisthouse : that’s right
    Awi : ya, karena terdapat banyak cerita dalam sebuah nama
    Beyit : hehehe, harapan yang hebat nih
    Reza : karena lagi fanatic**nya ma peterpan akhir-akhir ini
    Suwung : hoho, mungkinkah ?
    Ackmali@ : kum salam, sama-sama, sukur ya kita punya nama tersendiri
    Kaka : hehe, bahaya banget tuh, keongracun
    Cebong : ya sama-sama aneh nggak usah berdebat_^

    BalasHapus
  33. bukannya tanah tuh turob?

    kukira rainturb tuh hujan Turbooooooo....:)

    BalasHapus
  34. Tadi pertama kali baca judulnya, saya kira ttg Peterpan. Ternyata bukan :)

    Keren tuh badai pasir..

    Judul blogku juga ada artinya lho, "NdesO - Changes To Be Better" -> "NdesO" = orang yang g tahu apa2 "Changes To Be Better" = selalu berusaha berubah menjadi lebih baik. Jadi intinya -> orang yang tidak tahu apa2 dalam dunia maya selalu berubah menjadi lebih baik..

    Jadi curhat nih, kok panjang bener??? Hehehehe :))

    BalasHapus
  35. Perpaduan nama yang bagus..bahasa arab dan inggris.
    Hebat mas...
    :)

    BalasHapus
  36. Rainturb, nama yang bagus juga loh, bro.
    Jadi, numpang nyomot link-nya deh

    BalasHapus
  37. makanya rumahku nyante aza lae..spy yg mampir n ngliat kerumahku tetap merasa "fresh"..lhhoo, tp ada yg bilang nama itu g pas buat rumahku??
    tserah dehh, yg jelas dalam sebuah nama terdapat sebuah cerita (*copypaste.com...)

    BalasHapus
  38. nama itu penting...
    coba nggak ada namanya, maka susah buat panggilnya
    hei sianu, ini namanya anu... achh nama juga itu anu....
    susah dech...

    BalasHapus
  39. Qori : muha ikam kaya turbo
    Ndeso : keren euy
    Humorbendol : yupz, thankz nih kunjugannya
    Anthony : bentar ya saya link back
    Nyante : hahahahaha
    Ciwir : si anu ????

    BalasHapus